SELAMAT DATANG
DALAM BLOG CATATAN SOSIOLOGI
M. FATWA FATUROHMAN
LOADING SEDANG BERLANGSUNG
CS
  • SOSIOLOGI

    SOSIOLOGI

    Sosiologi berasal dari bahasa Latin yaitu Socius yang berarti kawan, teman sedangkan Logos berarti ilmu pengetahuan. Ungkapan ini dipublikasikan diungkapkan pertama kalinya dalam buku yang berjudul "Cours De Philosophie Positive" karangan August Comte (1798-1857). Walaupun banyak definisi tentang sosiologi namun umumnya sosiologi dikenal sebagai ilmu pengetahuan tentang masyarakat.

    Read More
  • MASYARAKAT

    MASYARAKAT

    Masyarakat (diterjemahkan dengan society), Kata society berasal dari bahasa latin, societas, yang berarti hubungan persahabatan dengan yang lain. Societas diturunkan dari kata socius yang berarti teman, sehingga arti society berhubungan erat dengan kata sosial. Secara implisit, kata society mengandung makna bahwa setiap anggotanya mempunyai perhatian dan kepentingan yang sama dalam mencapai tujuan bersama.

    Read More
  • SEJARAH SMAN 1 CIBADAK

    SEJARAH SMAN 1 CIBADAK

    Pada tahun 1965, SMA Cibadak didirikan atas kepedulian masyarakat Kecamatan Cibadak terhadap pendidikan, dengan mengambil lokasi pembelajarannya berlangsung di SD Kebon Pala selama 1 tahun.

    Read More
  • TENTANG SAYA

    TENTANG SAYA

    Prinsip hidup itu bukanlah meraih dan berhenti dengan kesenangan, tapi mencoba dan terus menginginkan. dengan begitu, harapan untuk kehidupan yang lebih layak akan terus diperjuangkan.Saya sangat bahagia dengan kehidupan saya, dimana keluarga, pendidikan dan pengetahuan membimbing saya, namun tetap saja, kepuasan bukan berasal dari kebahagaiaan, tapi kemampuan, saya merasa belum mampu memberikan yang dibutuhkan

    Read More
  • KELOMPOK SOSIAL

    KELOMPOK SOSIAL

    Kelompok sosial sekumpulan orang yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi sehingga tumbuhnya rasa kebersamaan dan rasa memiliki. Kelompok diciptakan oleh anggota masyarakat itu sendiri. Kelompok juga dapat mempengaruhi perilaku para anggotanya.

    Read More

Jumat, 28 September 2012

Kata Kunci Kelompok Sosial

Kata Kunci BAB 6
“KELOMPOK SOSIAL”

1. Kelompok Sosial : kumpulan individu yang memiliki hubungan dan saling berinteraksi sehingga menumbuhkan rasa kebersamaan dan rasa memiliki.

2. Kelompok Primer (Primary Group) : kelompok sosial yang memiliki hubungan saling mengenal dan memiliki rasa kebersamaan dan bersifat informal. (Contoh : keluarga, kelompok sahabat, teman, teman sepermainan.)

3. Kelompok Sekunder (Secondary Group) : kelompok sosial yang terbentuk karena adanya kepentingan yang sama, bersifat formal, impersonal dan didasarkan pada asas manfaat. (Contoh : sekolah)

4. Kelompok Asli (pribumi) : kelompok sosial yang menetap disuatu wilayah, terbentuk diwilayah tersebut dengan status orisinal atau asli atau tulen (indigenious) dan bersifat autochton (melekat pada suatu tempat)

5. Kelompok Pendatang : kelompok sosial yang berasal dari daerah tertentu (asing) dan menetap di suatu wilayah yang telah dihuni oleh kelompok asli.

6. In-group : Merupakan kelompok sosial tempat individu mengidentifikasikan diri.

7. Out-group : Merupakan kelompok sosial yang menjadi lawan dari in group.

8. Paguyuban (gemeinschaft) : kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan batin yang murni, bersifat alamiah, dan kekal.

9. Patembayan (gesellschaft) : kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan lahir yang pokok untuk jangka waktu yang pendek.

10. Prasangka (prejudice) : sikap bermusuhan yang ditujukan pada suatu kelompok tertentu atas dasar dugaan bahwa kelompok tersebut memiliki ciri yang tidak menyenangkan.

11. Stereotip : Penilaian terhadap seseorang hanya berdasarkan persepsi terhadap kelompok di mana orang tersebut dapat dikategorikan. stereotip dapat bersifat positif maupun negatif.

12. Integrasi : proses penyesuaian di antara unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan masyarakat sehingga menghasilkan pola kehidupan masyarakat yang memilki keserasian fungsi.

13. Akulturasi : Hubungan antar kelompok ras yang bertemu, mulai berbaur dan berpadu.

14. Dominasi : Terjadi bila suatu kelompok ras menguasai kelompok lain.

15. Paternalisme : suatu bentuk dominasi kelompok ras pendatang atas kelompok ras pribumi. (sistem kepemimpinan yang berdasarkan hubungan antara pemimpin dan yang dipimpin)

16. Pluralisme : Suatu pola hubungan yg mengakui adanya persamaan hak politik dan hak perdata masyarakat. Akan tetapi pola hubungan itu lebih terfokus pada kemajemukan kelompok ras daripada pola integrasi.

17. Dimensi Sejarah : Dimensi ini mengarahkan kajian kepada masalah tumbuh dan berkembangnya hubungan antarkelompok. Kapan dan bagaimana terjadinya kontak pertama antara kelompok satu dengan kelompok yang lain yang kemudian berkembang menjadi hubungan dominasi kelompok tersebut terhadap kelompok lainnya.

18. Dimensi Sikap : Hubungan antarkelompok akan menimbulkan perwujudan sikap berupa prasangka (prejudice). Sikap ini merupakan istilah yang mengacu kepada sikap bermusuhan karena kelompok lain memiliki suatu ciri yang tidak menyenangkan, namun dugaan ini tidak didasarkan pada pengetahuan, pengalaman, atau bukti yang cukup konkret.

19. Dimensi Institusi : Berbentuk institusi politik dan ekonomi. Institusi ini berfungsi sebagai pengendalian sosial, sikap dan hubungan antarkelompok. Namun begitu, institusi juga bisa menghilangkan pola hubungan antarkelompok yang ada.

20. Dimensi Gerakan Sosial : Hubungan antar-kelompok melibatkan gerakan sosial, baik yang diprakarsai oleh pihak-pihak yang menginginkan perubahan maupun oleh pihak-pihak yang mempertahankan keadaan.
Anda sedang membaca Artikel tentangKata Kunci Kelompok SosialAnda bisa menemukan Artikel Kata Kunci Kelompok Sosial ini dengan URL http://catatansosiologi.blogspot.com/2012/09/kata-kunci-kelompok-sosial.html, Anda boleh menyebar Luaskan atau mengCopy-Paste nya jika Artikel Kata Kunci Kelompok Sosial ini sangat bermanfaat. Namun harap meminta Izin terlebih dahulu di Kotak Komentar. Jangan lupa untuk meletakkan Link-Back Kata Kunci Kelompok Sosial sebagai Referensi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar